Jangan Pernah Berhenti Bersyukur

Category : Uncategorized
Jangan Pernah Berhenti Bersyukurby vinsenon.Jangan Pernah Berhenti BersyukurJika dilihat dari kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI), bersyukur berasal dari kata dasar: syukur yang berarti 1. rasa terima kasih kepada Allah: ia mengucapkan -- kepada Allah karena terlepas dari marabahaya; 2 untunglah (pernyataan lega, senang, dan sebagainya): -- suamiku tidak mengalami cedera dalam kecelakaan itu; Bersyukur berarti: berterima kasih; mengucapkan syukur. Mensyukuri berarti: mengucapkan terima […]

Jika dilihat dari kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI), bersyukur berasal dari kata dasar: syukur yang berarti 1. rasa terima kasih kepada Allah: ia mengucapkan -- kepada Allah karena terlepas dari marabahaya; 2 untunglah (pernyataan lega, senang, dan sebagainya): -- suamiku tidak mengalami cedera dalam kecelakaan itu;

Bersyukur berarti: berterima kasih; mengucapkan syukur.

Mensyukuri berarti: mengucapkan terima kasih kepada Allah; berterima kasih karena suatu hal.

Bersyukur adalah satu kata yang gampang diucapkan, tetapi tidak semua dari kita bisa melakukan atau menyadarinya. Mengapa.? Karena kita merasa segala sesuatu itu adalah hal yang sudah biasa terjadi dan normalnya atau sudah seharusnya  terjadi seperti itu.

Contohnya ketika kita bangun pada pagi hari dalam keadaan   segar dan bugar, kita menganggap itu adalah suatu hal yang normal. Wajar dong saya tidur   malam dan bangun pagi dalam keadaan segar dan bugar.

Memang kita telah mengalami bangun tidur pada pagi hari dalam keadaan segar dan bugar  itu selama umur hidup kita. Ada yang belasan tahun dan ada yang puluhan tahun. Yang ratusan tahun ada tidak ya,? Pasti ada. Tetapi sudah jarang ditemui.

Kita lupa bersyukur. Kita lupa bahwa ketika kita bangun pada pagi hari dalam keadaan segar dan bugar, itu merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa kepada kita yang harus kita syukuri.

Mengapa kita lupa/ tidak/ kurang bersyukur? Karena kita TIDAK SADAR. Kita tidak menyadari begitu banyak hal baik yang terjadi pada diri kita. Salah satu  contoh hal baik adalah seperti di atas.

Bagaimana jika yang terjadi pada kita adalah hal-hal yang kurang baik atau buruk? Contohnya ketika ketika sedang berjalan lalu terantuk pada sebuah batu, pasti kita akan dengan segera berkata : Aduh, sial.

Ketika kita mendapat hal yang kurang baik atau buruk, maka kita akan segera mengumpat atau mengeluh. Tetapi ketika kita mendapat hal-hal yang baik, kita lupa untuk mengucap syukur.

Mungkin kita akan mengucap syukur ketika kita mendapat hal-hal yang luar biasa menurut kita. Misalnya kita mendapat hadiah mobil dari bank, pasti kita akan mengucap syukur. Tetapi kalau bangun pagi dalam keadaan segar dan bugar, bisa menghirup udara segar, bertemu teman yang dari jauh sudah tersenyum pada kita, ah, semua itu hal biasa.

Saya ingin mengajak kita semua untuk belajar bersyukur. Yup.! Ternyata bersyukur tidak hanya diucapkan saja, tetapi perlu dipelajari.

Mari kita mulai dengan menyadari, bahwa ternyata banyak hal yang terjadi di sekitar kita yang harus kita syukuri. Mulai dari ketika kita bangun pagi. Ketika kita terbangun, menghirup nafas, sadarilah bahwa itu adalah anugrah Tuhan buat kita. Terima kasih Tuhan, ternyata Engkau masih memberikan kesempatan pada saya untuk melanjutkan ziarah hidupku. Terima kasih karena saya bangun dalam keadaan sehat dan siap untuk beraktifitas. Terima kasih karena walaupun duit di dompet saya tersisa sepuluh ribu rupiah, tetapi saya sehat. Dan masih banyak terima kasih lagi yang dapat kita ucapkan.

Fokuslah pada hal-hal positif saja. Sehingga kita semakin bersyukur.

Ketika secara tidak sengaja terlintas hal-hal negatif dalam pikiran kita, berusahalah untuk segera mengabaikannya. Karena jika tidak, maka kita akan terpengaruh oleh hal-hal negatif tersebut. Yang pasti, keluhan akan segera terlontar dari mulut kita.

Senangkah kalian jika selalu mendengar keluhan dari temanmu? Pastinya tidak. Maka tidak salah kalau ada yang mengatakan: Lebih Baik Bersyukur Daripada Mengeluh.  Ya. Karena dengan bersyukur, diri kita akan dipenuhi oleh energi positif yang akan membuat kita menjadi selalu positif. Selalu ternyum, hati penuh kedamaian, dan hal-hal positif lainnya. Tetapi jika kita mengeluh, maka diri kita akan dipenuhi oleh energi negatif yang akan menghancurkan kita. Susah tersenyum, sensitif dan hal-hal negatif lainnya.

Karena itu, Bersyukurlah selalu dan percayalah dirimu akan dipenuhi oleh energi postif yang akan memberikan banyak hal positif pada dirimu.

Selamat mencoba, Tuhan memberkati.

Author: 

Related Posts Jangan Pernah Berhenti Bersyukur

Tinggalkan Balasan